PELUANG DELIS, WARDA, MARDIMAN DAN BUNG JEFF DI PILKADA MOROWALI UTARA

oleh -156 Dilihat
oleh

Penulis: Omm Patende

OPINI- Delis Julkarson Hehi, Warda Dg Mamala, Mardiman Sane (MDS) dan Jeffisa Putra Amrullah atau Bung Jeff figur yang bisa jadi akan muncul dalam perebutan kursi Pilkada Morowali Utara (Morut) 27 November 2024.

Delis Julkarson Hehi bisa di sebut aman soal dukungan Partai Hanura. Perolehan 5 kursi di Pemilu 2024 membuat Partai Hanura bisa mengusung calon tanpa koalisi partai. Kemungkinan menggandeng koalisi besar pun bisa dilakukan petahana. Bila merefresh peta koalisi Pilkada sebelumnya, Delis-Djira diusung oleh Partai Nasdem (4 kursi), PKB (4 kursi), HANURA (1 kursi), PBB (1 kursi) dan GOLKAR (7 kursi) total 17 kursi.

Warda Dg Mamala, Ketua DPD II Partai Golkar Morut ini juga menjabat ketua DPRD Morut sisa masa bakti 2019-2024 sampai saat ini. Golkar bisa mempertahankan 7 kursi di DPRD Morut. Partai berlogo beringin ini juga berhasil meningkatkan jumlah perolehan suara Partai pada Pemilu kali ini. Partai Golkar meraup 21.498 suara. Sementara pada pemilu 2019 Partai Golkar meraih 19.175 suara di Morowali Utara. Tentu ini tidak lepas dari perjuangan Warda Dg Mamala yang diberikan garansi bertarung di Pilkada 2024.

Lalu Bagaimana dengan peluang Mardiman Sane?
Mardiman Sane, tokoh muda yang terjun ke politik ini bukan muka baru di perhelatan Pilkada Morut. Tahun 2016 silam Mardiman Sane-Anhar maju sebagai Calon Bupati Morowali Utara dan Calon Wakil Bupati Morowali Utara lewat jalur independen.

Saat itu Pilkada Morut diikuti 4 pasang calon Bupati dan wakil Bupati Morut. Dan Aptripel Tumimomor-Moh. Asrar Abd Samad menang dalam Pilkada Morut yang di gelar pertama kali usai pemekaran dari kabupaten induk Morowali.

Nah di tahun 2024 ini, Mardiman Sane yang di dapuk sebagai ketua Bappilu Partai Demokrat berhasil membawa partai ini meraih kursi di sejumlah wilayah. Contohnya di DPRD Morut Demokrat raih 3 kursi dari sebelumnya hanya 1 kursi. Di DPRD Propinsi dapil 6 kabupaten Morowali dan Morowali Utara, 2 kader demokrat berhasil melenggang ke kursi DPRD Propinsi Sulteng.

Bagaimana dengan Jeffisa Putra Amrullah atau Bung Jeff?
Kader PKB Morowali Utara ini tenang-tenang saja. Bung Jeff memastikan dirinya akan ikut bertarung di Pilkada Morut November 2024.

Melihat peta perolehan kursi partai politik di Pemilu 14 februari 2024 lalu. Partai Hanura dan Golkar sudah aman bila mengusung calon sendiri. Total perolehan 2 partai diatas adalah 12 kursi. Sementara masih tersisa 13 kursi yang mau tidak mau harus saling berkoalisi untuk mendukung calonnya. Otomatis peluang Bung Jeff sangat besar mendapat dukungan.

Penulis tidak ingin berspekulasi partai mana saja yang akan memberikan dukungan. Tetapi politik itu absurd membuat sesuatu yang tidak masuk akal pun bisa terjadi. Kita tunggu saja siapa yang mendaftar di KPU Morowali Utara nanti.