Peresmian Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Tengah: Komitmen Presiden Jokowi untuk Infrastruktur Merata

oleh -841 Dilihat
oleh
Presiden Joko Widodo meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah pada Selasa, 26 Maret 2024. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

NASKAHBERITA.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah pada Selasa, 26 Maret 2024. Inpres ini mencakup pembangunan 15 ruas jalan dengan panjang total 147 kilometer dan biaya Rp330 miliar yang tersebar di 9 kabupaten/kota.

“Pada hari ini, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah,” ucap Presiden Jokowi.

Warga lokal, Christian, mengungkapkan kegembiraannya atas perbaikan infrastruktur tersebut. Ia mengatakan bahwa dampak pembangunan sudah terasa, khususnya di Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Jadi memang dalam masa itu, dalam suatu pemerintahan pasti akan ada proses dan pembangunan, dan syukur saat ini dengan program yang dilaksanakan dari pemerintah pusat lewat kewenangannya Bapak Jokowi, dampak dari pembangunan infrastruktur itu sudah bisa kami rasakan,” tutur Christian.

Reynold, seorang pelajar, menekankan betapa perbaikan jalan telah membuat perjalanan ke sekolah menjadi lebih aman dan nyaman. “Dengan adanya jalan ini mungkin sangat menjadi sesuatu yang sangat luar biasa bagi kami masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan karena kami bisa menggunakan jalan ini dengan baik tanpa takut-takut untuk jatuh,” kata Reynold.

Joshua, pelajar lainnya, menyatakan bahwa perbaikan jalan meningkatkan keamanan dan kenyamanan, terutama bagi pengendara motor. “Terbantu dengan jalan ini karena dulu jalan yang sedikit berlubang, tapi dengan adanya jalan ini kami semua mungkin keamanannya mungkin bisa lebih ditingkatkan,” ungkap Joshua.

Kunjungan Presiden Jokowi ke daerah ini juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Christian pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih Bapak karena dengan begitu banyaknya kesibukan masih bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke daerah kami khususnya daerah Kabupaten Banggai Kepulauan.” Serupa, Reynold dan Joshua juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Presiden terhadap infrastruktur di daerah mereka.

Peresmian Inpres Jalan Daerah ini menandai langkah penting dalam upaya pemerintah untuk memajukan infrastruktur di daerah, mendukung mobilitas warga, dan meningkatkan kualitas hidup di Sulawesi Tengah. Presiden menegaskan komitmen pemerintah untuk terus memeratakan pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air.

“Saya kira tidak hanya di sini, di provinsi-provinsi yang lain juga kita akan cek semua pelaksanaan yang berkaitan dengan jalan daerah,” ujar Presiden ketika berbicara kepada wartawan di Pasar Salakan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara peresmian tersebut yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir, dan Pj. Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir.

(BPMI Setpres)