Direktur RSUD Kolonodale Dokter Asal Sulteng Pertama Terpilih IVLP di Amerika Serikat

oleh -801 Dilihat
oleh

Morut – Direktur RSUD Kolonodale dr. Sherly Pede adalah Dokter pertama asal Sulawesi Tengah (Sulteng) yang mendapat kesempatan dari Negara Amerika untuk mengikuti pelatihan profesional.

Kepada media ini dr. Sherly yang juga aktif bersosial media ini membagikan ceritanya selama kurang lebih 1 bulan berada di Amerika.

Pertama-tama saya mengikuti kegiatan yg namanya International Visitor Leadership Program (IVLP)

IVLP sendiri secara umum adalah program pelatihan profesional yang diselenggarakan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat bekerjasama dengan berbagai negara termasuk Indonesia.

Setiap tahun orang-orang yang bisa lolos seleksi langsung oleh departemen luar negeri Amerika Serikat akan berangkat ke Amerika Serikat selama 1 bulan untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini, dimana jadwalnya dan rangkaian kegiatannya di susun jdwalnya oleh departemen luar negeri Amerika Serikat.

Saya sendiri mengikuti kegiatan ini sejak tgl 26 April s/d 24 mei 2024. Berikut hal-hal yang saya peroleh selama disana.

1. Kami mendapatkan kesempatan emas untuk mengunjungi dan belajar banyak hal di beberapa negara bagian di Amaerika Serikat ( Washington DC, Cleveland, Akron, South Dakota, Arizona)

Di 5 negara bagian tersebut kami berkunjung, berdiskusi dan memotret banyak hal dari Amerika Serikat : kami berkungjung ke White House, The united states capitol ( kalau di Indonesia ini sama dengan gedung DPR/MPR RI), ke United States Public Health Service (USPHS) divisi di kementrian kesehatan yang menangani layanan kesehatan masyarakat Amerika Serikat, ke kementrian luar negeri amerika serikat, ke beberapa NGO terkait lingkungan dan kesehatan, visit ke beberapa perusahan pertambangan emas dan tembaga di Amerika, serta ke dinas kesehatan di negara bagian di atas,

Kunjungan ke Rumah sakit dengan sistem pendidikan dan layanan kedokteran terbaik di dunia, bertemu dan diskusi dengan salah 1 kepala County (setara Bupati jika di Indonesia) dan diskusi, berbaur, makan malam bersama (menyajikan ke mereka makanan Indonesia) dengan masyarakat lokal di Arizona.

2. Kegiatan ini sangat luar biasa bagi sy secara pribadi bisa mendapatkan kesempatan belajar, melihat dan memotret banyak hal dari negara Amerika Serikat khusus nya dalam layanan kesehatan.. Saya belajar banyak hal tentang birokrasi dan kepemimpinan, serta menimba banyak ilmu dari orang-orang hebat di sana.. Belum lagi, di terima dan di sambut layaknya tamu kehormatan Negara, itu hal yang sangat luar biasa bagi saya secara pribadi. Semua biaya di cover secara penuh oleh pemerintah Amerika Serikat saat masih di Indonesia, saat di Amerika hingga tiba di Morowali Utara.

Segala ilmu yang saya dapatkan dari sana, para pengambil kebijakan disna, khususnya dalam layanan kesehatan, saya berharap bisa berdampak signifikan dalam upaya-upaya kreatif peningkatan mutu layanan dan tingkat kepuasan pasien di RSUD Kolonodale.

Layanan kesehatan di Amerika Serikat selalu mengedepankan kualitas layanan dan kepuasan pasien di atas segala-galanya.. Walaupun harus kita akui sakit di amerika SANGAT MAHAL. Jika tidak memiliki asuransi kesehatan maka akan sangat berbahaya saat sakit,”ujarnya (27/5)

dr. Sherly Pede, tentu adalah aset berharga bagi Pemkab Morut yang memberi ruang dan dukungan, hingga bisa menembus Negara Amerika Serikat.