Dari Sulawesi Tengah Untuk Indonesia, Gubernur Sulteng Jadi Tamu Spesial Program TV Nasional

oleh -776 Dilihat
oleh
Sumber : Humas Pemprov Sulteng

Palu – Peringatan Puncak Hari Ulang Tahun ke 60 Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024 ditutup dengan sesi Talkshow dalam program “Untuk Indonesia” bersama Metro TV.

Tanggung jawab – tanggung jawab, Gubernur Rusdy Mastura mengundang Sekretaris Daerah Novalina dan Kepala Bappeda Christina Sandra Tobondo untuk memaparkan capaian pemerintahan dan pembangunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya kesiapan sebagai daerah penyangga/penopang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

Selain itu, Talkshow dari Sulawesi Tengah “Untuk Indonesia” juga menghadirkan Kapolda Sulawesi Tengah Agus Nugroho, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto dan Kajati Sulteng Bambang Haryanto, sebagai narasumber sebagai wujud sinergitas konkret bersama Gubernur Rusdy Mastura menuju Sulawesi Tengah lebih Sejahtera dan Maju .

Talkshow tersebut dipandu Host Metro TV, Zefanya, pada 29 April 2024 dan berlangsung di 3 tempat yang berbeda, yakni : Ruang kerja gubernur, Jembatan Palu IV dan Warkop K2.

Pada kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan kontribusinya dalam membangun Sulawesi Tengah dengan kerja keras dan keikhlasan.

Jelang 3 tahun kepemimpinan Gubernur Rusdy Mastura bersama Wagub Ma’mun Amir membangun Negeri Seribu Megalit, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menunjukkan kinerja positif dan diakui di tingkat pusat.

Diantaranya, berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrim dari 3.02 persen (2022) menjadi 1,44 persen (2023), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Sulawesi Tengah mengalami peningkatan sepanjang tiga tahun terakhir yakni dari 70,54 poin (2022) menjadi 71,66 poin (2023), Pertumbuhan ekonomi tertinggi mencapai 13,06 persen jauh di atas rata-rata Nasional yang hanya mencapai 5 persen.

Selanjutnya, realisasi investasi terbesar ke 4 secara Nasional setelah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur, Menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 3,75 persen (2022) menjadi 2,95 persen (2023), Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami kenaikan signifikan dari Rp 900 miliar menjadi Rp 2.059 Triliun (2023), SAKIP meningkat dari nilai B menjadi BB.

Tren positif tersebut di atas dapat diraih berkat kerjasama dan dukungan seluruh pemangku kepentingan, termasuk unsur forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat.

Dengan ikhtiar mewujudkan Sulteng yang lebih Sejahtera dan Maju, Gubernur Rusdy Mastura mengajak unsur forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat untuk terus bersinergi dan berkolaborasi membangun daerah.

Turut mendampingi, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra merangkap Plt. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Provinsi Sulteng Rohani Mastura, Plh. Kadis ESDM Eddy N. Lesnusa, Karo Hukum Adiman.