Pemprov. Sulteng Gelar Halal Bi Halal dan Pesta Rakyat

oleh -962 Dilihat
oleh
Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng, Dinas Kominfosantik.

Palu – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Halal Bi Halal dan Pesta Rakyat bersama seluruh masyarakat Sulawesi Tengah dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulteng Ke-60 tahun. Bertempat, dihalaman Kantor Gubernur Jl. Samratulangi. Sabtu, (20/4/2024).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dengan mengangkat tema “Berbagi Untuk Maslahat Sesama”.

Pada kesempatan itu, Gubernur didampingi Wakil Gubernur Ma’mun Amir, Ketua TP-PKK Provinsi Sulteng Vera Rompas Mastura, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sulteng Halima Amir.

Rangakaian acara pesta rakyat ini diawali doa halal bi halal dan doa bersama. Kemudian dilanjutkan dengan senam sehat, makan bersama, penampilan artis dan band, donor darah, pengecekan kesehatan gratis dan pembagian doorprize.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulteng Zainal Abidin menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada kegiatan ini sangat luar biasa, nampak tidak ada perbedaan agama, suku, dan ras.

Selanjutnya, Zainal menghimbau masyarakat agar berprasangka baik terhadap kegiatan yang dilakukan pemerintah.

“Jika hari ini dibuat kegiatan silaturahmi jangan disalahartikan untuk kepentingan politik tertentu, tetapi untuk membangun kesatuan antara sesama”, ungkapnya

Mengawali sambutanya, Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada panitia penyelenggara kegiatan ini, stakeholder dan seluruh masyarakat Sulawesi Tengah yang telah menyukseskan acara ini.

Ia juga menjelaskan, memasuki tahun ketiga memimpin Sulteng bersama Wagub Ma’mun Amir, Sulawesi Tengah menunjukkan trend yang positif yakni, berhasil menurunkan kemiskinan ekstrim dari 3,02  persen (2022) menjadi 1,44 persen (2023).

Lanjutnya, menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 3,75 persen (2022) menjadi 2,95 persen (2023), meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,01 (2022) menjadi 71,66 (2023),  pertumbuhan ekonomi tertinggi 13,06 persen, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 5 persen.

“Dulu Sulawesi Tengah di pandang sebelah mata, tetapi sekarang Alhamdulillah kita sudah bangkit dan pertumbuhan ekonomi terbaik ke 2 di Indonesia dan Sulawesi Tengah sudah terlihat dan setara dengan Jawa”, ujar mantan Walikota dua periode itu

Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang sudah berusaha semaksimal mungkin untuk Sulawesi Tengah yang lebih Sejahtera dan lebih Maju.

“Seorang pemimpin harus memiliki jaringan, jangan takut sampaikan keinginan untuk kemajuan daerah”, tandas Gubernur.

Diakhir acara, dilakukan pengundian doorprize 1 unit sepeda motor sebagai hadiah utama, 2 unit motor listrik, 1 unit televisi, 2 buah handphone dan lain-lain.

Turut hadir : Unsur Forkopimda Sulteng, Asisten, Staf Ahli Gubernur, Kepala OPD Lingkup Pemprov. Sulteng, Instansi Vertikal,  Stakeholder dan seluruh elemen masyarakat.

Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng, Dinas Kominfosantik.