Mahasiswa Morut di Palu Curhat ke Calon Wakil Bupati Morut Ruben Hehi

oleh -559 Dilihat
oleh

PALU- Mahasiswa Morowali Utara (Morut) di Palu bertemu Calon Wakil Bupati Morut Ruben Hehi, di Tanaris Cafe. Senin, 2 September 2024.

Pertemuan yang di inisiasi sejumlah mahasiswa Morut di Palu ini menjadi ajang silaturahmi, diskusi dan curhat terkait kondisi mahasiswa Morut saat ini.

Salah satu yang dominan dikeluhkan oleh mahasiswa adalah persoalan asrama yang tak kunjung disediakan oleh Pemda Morut sampai saat ini.

Mahasiswa Morut di antaranya Agus, Moh. Resa menyuarakan soal asrama bahkan janji Pemda untuk meninjau sekretariat yang tidak pernah dilaksanakan.

“Persoalan asrama kami sampaikan ke pak Bupati tidak ada jalan sama sekali. Tapi ketika kami diskusi dengan kak Jeff minta solusi bagaimana asrama ini ada, dan solusi dari kak Jeff satu-satunya cara asrama ini ada, jadikan kak Jeff Bupati di Morowali Utara,”ujar Agus

“Pemerintah daerah janji akan meninjau sekretariat mahasiswa Morut di Palu, tapi sampai hari belum dilakukan,”ujar Moh Resa

Sementara sejumlah mahasiswa seperti Andi, Moh. Jalal menyuarakan soal nominal beasiswa Pemda Morut yang turun menjadi Rp. 1.500.000 dari sebelumnya Rp. 2.000.000. Serta pembayaran tidak sesuai dengan waktu mahasiswa membayar UKT.

“Kami berharap kepada bapak nanti agar beasiswa bisa di naikkan jumlah nominalnya. Sekarang ini 1,5 juta. Dan saat waktu pembayaran UKT dikampus anggarannya belum masuk dari Pemda,”ujar Andi

Mahasiswa lainnya juga menyuarakan persoalan lingkungan di Morut, persoalan infrastruktur jalan di Salubiro dan Lemowalia, persoalan modal usaha untuk mandiri bagi mahasiswa.

Sementara Calon Wakil Bupati Morut Ruben Hehi yang mendengarkan curhat mahasiswa mengatakan akan merespon aspirasi ini dengan serius.

“Saya hadir disini bentuk keseriusan saya mau mendengar suara dari adik-adik mahasiswa. Saya dan Pak Jeff akan memprioritaskan pembangunan asrama mahasiswa Morut di Palu,”tegas Ruben Hehi

Ruben Hehi juga mengatakan mahasiswa adalah generasi intelektual, asrama harus memadai karna disitu tempat percetakan generasi muda Morowali Utara yang akan datang.

“Asrama itu harus memadai, tempatnya, fasilitasnya. Karna adik-adik ini datang belajar disini. Disini tempat percetakan generasi muda Morowali Utara di masa yang akan datang,”ujarnya

Sebelum pertemuan bubar, Ruben Hehi juga memberikan kontaknya kepada semua mahasiswa, dan berpesan agar mereka belajar baik-baik.

“Adik-adik ambil nomor telpon saya, karna saya orang yang mudah dihubungi. Setelah adik-adik pulang, saya berpesan belajarlah baik-baik raih gelar sarjana dan pulang membangun daerah. Karna tongkat estafet kepemimpinan ke depan ditangan kalian semua. Saya doakan adik-adik semua sukses dalam pendidikan. Mohon doakan saya dan Pak Jeff dalam perjuangan kami. Saya sangat senang bertemu adik-adik malam ini,”ujarnya

Dalam pertemuan yang dihadiri sekitar 35 orang mahasiswa ini, hadir pula Dokter Rian Hehi putra dari Ruben Hehi yang berbaur dengan para mahasiswa Morut di Palu. Ruben Hehi juga melanjutkan kunjungan ke sekretariat mahasiswa Morut pada hari Selasa, 03 September 2024.