Para Tokoh,Politisi Yang Berpotensi Menjadi Calon Wakil Bupati Morut

oleh -144 Dilihat
oleh

Opini- Pilkada Morowali Utara (Morut) akan digelar pada 27 November 2024. Sejumlah nama para penantang petahana mulai muncul ke permukaan. Nama ketua DPRD Morowali Utara Warda Dg Mamala dan politisi PKB Jeffisa Putra Amrullah atau Bung Jeff yang paling santer terdengar.

Dikutip dari Beritamorut.com ada sembilan nama para tokoh, politisi yang bisa saja berpotensi menjadi Calon Wakil Bupati Morut penantang Delis di Pilkada mendatang.

1.Indrawati Balirante

Perolehan suara Indrawati Balirante naik signifikan pada pemilu 2024. Berdasarkan pleno tingkat kabupaten Morowali Utara yang di gelar KPU Morowali Utara. Indrawati Balirante meraih 1.484 suara. Sayangnya suara partai Perindo tidak mampu bersaing dengan partai lain. Perolehan suara Mba Iin bahkan meningkat hampir 300% dari Pemilu sebelumnya.

Indrawati Balirante didapuk menjabat bendahara “RUJAK” atau Kerukunan Jawa Kristen Kabupaten Morowali Utara. Organsasi masyarakat suku Jawa Kristen yang selama ini berada di kabupaten Morowali Utara. Organisasi ini baru dibentuk dan akan segera di sahkan dalam waktu dekat.

Mba Iin adalah legislator yang dinilai rajin berkantor. Ia aktif hadir dalam rapat-rapat penting di DPRD Morut. Rajin turun ke masyarakat, serta konsisten menyuarakan kebutuhan rumah ibadah lewat anggaran pokok pikiran anggota DPRD Morut.

2.Holiliana Tumimomor

Holiliana Tumimomor yang adalah istri Aptripel Tumimomor (Alm) yang memimpin Partai Demokrat di Morowali Utara membuktikan ketangguhanya dalam berpolitik. Ia tidak hanya berhasil lolos dan menjadi anggota DPRD Morut terpilih pada pemilu 14 Februari 2024, tetapi membawa Partai Demokrat meraih 3 kursi, setelah pemilu sebelumnya hanya ada 1 kursi.

Nama Holiliana tidak asing sebab menjadi lawan Delis pada Pilkada sebelumnya. Ia bisa saja di dorong oleh Partai Demokrat menjadi calon wakil Bupati Morut 27 November mendatang.

3.Yesiah Ery Tamalagi

Partai Nasdem punya sosok Erick Tamalagi di Morowali Utara. Pada Pilkada Morut 2024 tentu posisi Partai Nasdem menjadi penting, tidak hanya Waketum Nasdem Ahmad Ali yang bakal bertarung di Pilgub Sulteng, ia bisa saja mendorong para kader potensial ikut berkompetisi dalam Pilkada di daerah masing-masing termasuk Morowali Utara.

Maka bisa jadi pilihan alternatifnya adalah sosok Erick Tamalagi. Sosok sederhana yang bisa di terima semua kalangan ini paling tepat bila maju sebagai Bakal Calon Bupati Morut.

4.Frits Sam Purnama Kandori

Nama Frits Sam Purnama Kandori yang saat ini menjabat Kepala Dinas PMD Kabupaten Poso tidak asing lagi bagi warga Morut.

Frits Sam Kandori pernah menjabat Inspektur Inspektorat Kabupaten Morowali Utara.

Jika memang pilihan dan dukungan masyarakat menghendaki Frits Sam Kandori kembali ke daerahnya. Maka sosok ini satu-satunya yang sudah melewati “Trias Politica”.

Di legislatif Frits Sam Kandori adalah anggota DPRD Poso periode tahun 1987-1999 dari Partai PDI, dan juga sebagai Ketua Fraksi.

Di eksekutif, Frits Sam Purnama Kandori pernah menjabat Pj Sekda Poso. Puncak karir tertinggi seorang Aparatur Sipil Negara.

Juga di Yudikatif sebagai Pengacara dan Dekan pertama Fakultas Hukum Unsimar Poso. Jadi sudah melewati “Trias Politica” yaitu Yudikatif, Legislatif dan Eksekutif.

5.Yaristan Palesa

Kader partai Golkar ini punya gaya berpolitik tenang. Dalam Pemilu 2024 ia kembali terpilih untuk periode yang kedua kali di DPRD Morowali Utara.

Sosoknya yang dekat dengan media menjadi nilai tersendiri jika di posisikan sebagai Calon wakil Bupati Morut.

Ayah dari 3 orang anak ini punya kepedulian sosial yang tinggi. Ia juga vocal bersuara dalam memperjuangkan persoalan rakyat di DPRD. Berulang kali dalam RDP ia terdengar bersuara keras dan tegas saat diskusi alot dengan Pemerintah dan perusahaan.

Komunitas YP78 adalah orang muda yang menjadi simpatisan fanatiknya di Morowali Utara

6.Mardiman Sane

Sosok muda Mardiman Sane atau dikenal dengan MDS jadi pilihan yang menarik bila bicara soal Pilkada Morut.

Nama Mardiman Sane tenar bahkan sampai ke pelosok wilayah Banggai Kepulauan. Kader Partai Demokrat yang sering memberikan wejangan bagi kaum muda ini didukung oleh para millenial di Morowali Utara.

Bahkan ia pernah mengungkap bisa jadi mendampingi salah satu bakal calon Bupati Morut yang di gadang-gadang maju bertarung.

Selain muda, berpendidikan dan bersikap tegas dalam keputusannya menjadi alternatif untuk jadi pilihan para calon Bupati Morut, jika ingin ada perubahan besar yang terjadi.

7.Farden Saino

Berakrir sebagai anggota DPRD Kota Palu saat ini, membuat nama Farden Saino yang adalah kader Partai Golkar dan berasal dari Morowali Utara punya potensi dalam perhelatan politik di daerah.

Di kota Palu saja ia membuktikan bisa bersaing dan mendapatkan tempat di kursi legislator. Tentu di kampung halamannya peluang itu lebih besar lagi. Maka Farden Saino layak di perhitungkan untuk jadi pilihan calon Wakil Bupati Morut 2024.

8.Yalber Tulaka

Sosok politisi Partai Perindo di Pemilu 2024 ini adalah birokrat berpengalaman. Ia sampai ke puncak karir tertinggi seorang aparatur Sipil Negara dengan menjabat Sekda Morut.

Pasca pensiun dirinya masih sering terlihat membantu pekerjaan di Birokrasi. Tentu keterlibatannya karna punya pengalaman dalam urusan menata pemerintahan.

Yalbert Tulaka adalah sosok tokoh yang di hormati. Ia yang memang terbiasa berada ditengah-tengah masyarakat membuat sosok ini paham betul apa persoalan warga.

Seorang calon Bupati yang punya latar belakang politisi cenderung memilih birokrat berpengalaman jadi pendampingnya. Seperti halnya Wabup Djira yang di pilih Delis menjadi wakil. Karna memang punya pengalaman matang soal birokrasi. Maka Yalbert Tulaka adalah sosok birokrat yang sudah teruji.

9.Epafras Sambongi

Sosok sederhana politisi PKB Epafras Sambongi salah satu yang punya potensi jadi Calon Wakil Bupati di Pilkada Morut mendatang.

Sosok ini lengkap karna berlatar belakang birokrat dan terjun ke politik. Walaupun gagal kembali ke DPRD Morut di Pemilu 2024, nama Epafras tidak bisa di pandang sebelah mata. Ia sosok yang merakyat.