Polres Morowali Utara Amankan 3 Pucuk Senjata Api Rakitan Dan Ratusan Amunisi

oleh -644 Dilihat
oleh

MORUT – Selasa. (13/8/2024) . Kepolisian Resor Morowali Utara Menggelar Konferensi pers terkait penemuan Sejumlah senjata api rakitan Laras panjang dan ratusan amunisi dengan berbagai kaliber yang ditemukan tidak jauh dari pemukiman warga di kelurahan Bahontula Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali Utara.

Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto, S.I.K., M.H. yang diwakili oleh Kepala Satuan Reserse Polres Morowali Utara AKP Arsyad Maaling, S.H., M.H mengungkapkan bahwa Polres Morowali Utara telah mengamankan 3 pucuk senjata api Laras panjang, dan 2 Laras yang diduga merupakan Laras senjata api yang seluruhnya dalam keadaan sudah berkarat (rusak).

“Diperkirakan senjata ini sudah bertahun-tahun disimpan dengan melihat kondisinya yang sudah rusak parah dan sudah berkarat” Ungkap Akp Arsyad

” Serta diamankan juga, ratusan amunisi dengan berbagai kaliber sebanyak 300 butir peluru yang disimpan dalam sebuah termos berwarna biru muda dengan pinggiran bawah termos berwarna biru dengan jumlah amunisi sebanyak 300 butir.tambahnya.

“Kaliber 53 mm sebanyak 9 butir, kaliber 303 mm sebanyak 95 butir, kaliber 7,9 mm sebanyak 15 butir, kaliber 19,76 mm sebanyak 6 butir, kaliber 7,62 sebanyak 10 butir, kaliber 30 mm sebanyak 201 butir, kaliber 5,5 mm sebanyak 24 butir” seluruh amunisi diduga kuat masih aktif” terangnya.

Bersama Kepala Satuan Intelkam Polres Morowali Utara AKP I Wayan Suwidana, S.H dan Kanitidik I Pidum Satreskrim Polres Morowali Utara Ipda Meidika Diantara Putra Jati, S.Tr.K., Akp Arsyad menjelaskan bahwa temuan senjata api rakitan bersama amunisi ditemukan oleh warga masyarakat dari Kelurahan Bahontula yakni Lk. MA dan LK. M bahwa tadi malam pada 12 Agustus 2024 sekira pukul 20.00 Wita kedua warga masyarakat tersebut sedang berada di hutan untuk mencari katak tiba-tiba ditemukanlah senjata api rakitan dan amunisi ini berada di bawah pohonyang tertutup dengan rimbunan akar dan semak belukar sehingga yang bersangkutan langsung melaporkan kepada anggota Polres pada hari ini sekira pukul 13.00 Wita melapor kepada anggota Satintelkam Polres Morowali Utara untuk mengamankan senjata tersebut sehingga akhirnya senjata tersebut sudah berada di Polres Morowali Utara untuk kita amankan” terang orang nomor satu di Satreskrim tersebut.

” Selanjutkan kami akan melakukan pengembangan apabila ternyata masih ada sisa-sisa senjata api rakitan yang masih belum ditemukan di sekitaran Lokasi penemuan serta kami akan melakukan penyelidikan asal muasal serta siapa pemilik senjata rakitan tersebut.” Ucap Kasat.

“Kami berterima kasih kepada warga yang telah memberikan informasi tersebut dan mengimbau kepada seluruh warga apabila menemukan senjata api, amunisi ataupun bahan peledak, atau barang berbahaya lainnya agar segera melaporkan ke kantor Polisi terdekat untuk segara ditindak lanjuti.” Imbau Akp Arsyad