Penuh Khidmat dan Khusyuk Petugas dan Warga Binaan Laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H

oleh -583 Dilihat
oleh

MORUT – Gema Takbir dilantunkan selama pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 H di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kolonodale Kanwil Kemenkumham Sulteng, Kamis (17/06/2024).

Sholat Idul Adha 1445H yang dilakukan di Lapas Kolonodale diikuti oleh seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan yang beragama muslim yang dilaksanakan pada Aula Dr. Sahardjo Lapas Kolonodale. Selain itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kolonodale Arifin Akhmad juga turut hadir di tengah tengah Warga Binaan Pemasyarakatan untuk mengikuti Sholat Idul Adha.

Sholat Ied yang dipimpin oleh Ustadz Muh. Nur Ghazali, S.Pd, i yang sekaligus juga sebagai khotib, sedangkan bilal oleh WBP a/n Zainuddin. Dalam khutbahnya Sultan memberikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim dan Ismail. Dimana ketakwaan, kesabaran, dan keteguhan dapat menjadi penguat iman.

“Sudah diketahui bersama sebagaimana sejarah tentang salah satu peristiwa kenabian yang paling berkesan dan menjadi awal mula dijadikannya ibadah Idul Adha yang identik dengan memotong hewan kurban sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberi kita kehidupan adalah peristiwa penting seorang nabi dan ayahnya yakni nabi Ismail AS dan nabi Ibrahim AS” ucap Nur Ghazali.

Berkurban merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan dalam Islam (sunnah muakkad). Hal ini sebagaimana telah ditegaskan dalam Al-Qur’an, Allah swt berfirman:
“Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS Al-Kautsar [108]: 1-2). Ucap Nur Ghazali dalam Khutbahnya.

Sementara itu Kalapas Kolonodale dalam sambutannya diakhir pelaksanaan Sholat Idul Adha mengatakan, Dalam pelaksanaan hari raya Idul Adha kali ini Lapas Kolonodale akan menyembelih 3 hewan qurban yang terdiri dari 3 ekor sapi.
“Idul Adha Kali ini kita akan menyembelih 3 hewan kurban yaitu tiga ekor sapi yang mana tiga ekor sapi tersebut yang pertama merupakan hewan kurban pemberian dari Pemda Morowali Utara dalam hal ini bapak Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi, yang kedua merupakan pemberian dari Ketua DPRD Morowali Utara Ibu Wardah Dg Mamala dan satu ekor lagi hewan kurban dari petugas dan warga binaan Lapas Kolonodale” ucap Kalapas dalam sambutannya.
Kegiatan shalat Idul Adha berlangsung khidmat, khusyuk aman dan lancar.