Lapas Kolononodale Ikut Pelatihan SITB  dan Validasi data kejadian TB Bersama Dinkes Morut

oleh -608 Dilihat
oleh

MORUT – Lapas Kolonodale mengikuti Kegiatan Pelatihan SITB (Sistem Informasi Tuberkulosis) dan Validasi data kejadian TB yang dilakasanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Sabtu, (25/05).

Menidaklanjuti Surat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara nomor 440/2022/DINKES/2024 tanggal 20 Mei 2024 tentang Pemanggilan Peserta Pelatihan SITB, Lapas Kolonodale mengutus salah satu Pegawai atas nama Muhammad Adhila Pratama yang memiliki kompeten ilmu di bidang yang dimagsud untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Pelatihan SITB ini bertujuan untuk mereview kembali proses yang di lakukan pemegang program TB baik di RS , Puskesmas , dan Lapas / Rutan agar angka kejadian dan penanganan TB dapat tercatat dengan baik di SITB dan juga fasilitas pelayanan kesehatan dapat mengajukan permintaan bahan habis pakai melalui aplikasi SITB yang ada agar pengelolaan dan pencatatan barang dapat terinventarisir dengan baik. Di samping itu kepada pemegang program TB di tuntut untuk tanggap terhadap gejala awal maupun penularan dari penyakit TBC.

Kegiatan tersebut di buka oleh I Ketut Suamba, SKM sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kabupaten Morowali, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelatihan yang dilaksanakan ini sangatlah penting mengingat ketepatan data dan informasi yang jelas sangat membantu dalam penanganan TB di Kabupaten Morowali Utara ini. “kami mengharapkan agar peserta dapat dengan sungguh-sunggung mengikuti kegiatan ini, hal ini sangatlah penting karena berhubungan langsung dengan upaya kita untuk mengurangi angka TB dikabupaten ini” Ucapnya

Kepala Lapas Kelas III Kolondale Arifin Akhmad saat ditemui di ruangannya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara yang sudah mengundang Lapas Kolonodale dalam kegiatan tersebut, hal ini merupakan satu dari program-program pembinaan di Lapas dalam hal upaya penanganan penyakit menular atau lainnya bagi Wargabinaan Pemasyarakatan. “kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi wargabinaan khususnya dalam hal menjaga dan memelihara kesehatan mereka, maka dari itu kami berterima kasih Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara yang memiliki komitmen bersama untuk terus memberikan Pelayanan yang terbaik di Kabupaten Morowali” Ujar Arifin
Kegiatan Pelatihan Pelatihan SITB (Sistem Informasi Tuberkulosis) dan Validasi data kejadian TB ini dilaksanakan selama satu hari di Hotel Bougenvil Morowali Utara dan berjalan dengan tertib dan Aman.