Lapas Kolonodale Gelar Sosialisasi Pola Hidup Bersih Dan Sehat Kepada WBP

oleh -644 Dilihat
oleh

Morut – Dalam rangka memperingati hari Bhakti pemasyarakatan ke 60 Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kolonodale bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara (Dinkes Morut) berikan Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bertempat di aula Dr. Sahardjo Lapas Kolonodale. Rabu, (17/04).

Kegiatan penyuluhan terkait PHBS di sampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Morut, Yapen Katuwu. Dalam sosialisasi tersebut Yapen Katuwu memberi pandangan kepada seluruh WBP terkait PHBS yang merupakan sebuah bentuk perwujudan paradigma sehat dalam budaya perorangan/individu yang berorientasi sehat. beliau juga menyampaikan tujuan PHBS adalah untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi kesehatan baik fisik, mental, spiritual, maupun sosial.

Dalam Penyuluhan tersebut, komunikasi 2 arah di lakukan untuk memaksimalkan pesan penyuluhan dapat tersampaikan. seluruh WBP diberi arahan agar membiasakan pola perilaku hidup yang bersih dan sehat mulai dari memotong kuku secara rutin, membiasakan mencuci tangan dengan sabun membersihkan lingkungan blok/kamar huninan bahkan melakukan olahraga setiap hari guna menjaga daya tahan tubuh. Dalam kesempatan ini salah satu WBP ditunjuk untuk memperagakan bagaimana cara membersihkan tangan dengan benar.

Pada kesempatan ini dalam sambutannya, Kasubsi Pembinaan Asis Hi Bahar menyampaikan kepada seluruh Warga Binaan agar memperhatikan kebersihan.
“Saya berpesan untuk Warga Binaan untuk menjaga kebersihan kamar hunian dan segera melapor ke petugas kesehatan Lapas jika ada yang sakit serta keluahan yang dirasakan. Tentunya hal tersebut untuk menjaga kesehatan diri sendiri,” ujar Asis.

Sosialisasi PHBS dengan dampingan tenaga kesehatan dalam rangka memperingati hari Bhakti pemasyarakatan ke – 60 di Lapas Kelas III Kolonodale dilaksanakan untuk mewujudkan Lapas yang bersih dan merupakan upaya untuk mencegah terjangkitnya berbagai macam penyakit di Lingkungan Lapas Kelas III Kolonodale.