Kepala BRIDA Prov. Sulteng Serahkan Bantuan Alat Pemanggil Ikan Pada Kegiatan Musrenbang RKPD 2025.

oleh -524 Dilihat
oleh
Foto : Humas Pemprov. Sulteng.

Palu – Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Sulawesi Tengah serahkan bantuan alat pemanggilan ikan berbasis energi terbarukan yang ramah lingkungan kepada nelayan bagan. Bertempat di Hotel Santika Palu. Kamis, (18/4/2024).

Penyerahan bantuan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2025 dan RPJPD Tahun 2025-2045 Provinsi Sulawesi Tengah. Penyerahan secara simbolis ini dilakukan langsung oleh Kepala BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah, Faridah Lamarauna, dan diterima oleh Yusril selaku nelayan bagan yang ada di daerah Kabupaten Donggala.

Alat pemanggil ikan berbasis energi terbarukan ini memiliki inovasi berupa sonar dan juga cahaya yang digunakan untuk mempermudah nelayan bagan selama penangkapan ikan, yang diberi nama dengan La BRIDA. La BRIDA sendiri merupakan alat dari hasil penelitian yang saat ini tengah dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Harapannya, dengan adanya inovasi memanfaatkan energi terbarukan pada usaha perikanan bagan, nelayan dapat menerapkan teknologi yang dapat meningkatkan hasil tangkapan secara terus menerus. Pemberian bantuan alat penangkap ikan ini juga diharapkan dapat membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam menurunkan angka kemiskinan khususnya di Kabupaten Donggala.

Sumber : PPID BRIDA Prov. Sulteng.